Cara Membuat Donat Fermentasi

Cara Membuat Donat Fermentasi

Ikhtisar Topik:
Donat fermentasi merupakan salah satu jenis donat yang saat ini tengah naik daun di kalangan pecinta kue. Fermentasi pada donat membuat kue menjadi lebih empuk dan memiliki rasa yang unik. Namun, tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara membuat donat fermentasi secara tepat. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan panduan cara membuat donat fermentasi yang mudah dan enak.

Cara Membuat Donat Fermentasi:

1. Siapkan Bahan-Bahan

– 500 gram tepung terigu protein tinggi
– 60 gram gula pasir
– 8 gram ragi instant
– 2 butir telur ayam
– 200 ml susu cair suhu ruang
– 1/2 sdt garam
– 50 gram mentega leleh

2. Campurkan Bahan-Bahan Kering

Pertama-tama, siapkan mangkuk besar lalu campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instant dan garam secara merata hingga tercampur semua.

3. Campurkan Bahan-Bahan Basah

Setelah bahan-bahan kering tercampur merata, tambahkan susu cair secukupnya sambil diaduk-aduk hingga adonan menjadi agak kental. Kemudian, masukkan telur dan mentega leleh ke dalam adonan tersebut serta aduk hingga semua bahan tersatu.

4. Diamkan Adonan

Setelah adonan tercampur merata, diamkan selama kurang lebih selama satu jam supaya proses fermentasi bisa berjalan dengan baik.

5. Goreng Donat

Setelah adonan telah mengembang, siapkan wajan dan panaskan minyak. Setelah minyak memanas, ambil adonan donat fermentasi secukupnya lalu goreng hingga warna kecoklatan. Lakukan hal yang sama pada semua adonan.

6. Sajikan

Jika donat telah matang, angkat dan tiriskan sebentar lalu sajikan dengan taburan gula halus atau topping sesuai selera.

Rangkuman:
Membuat donat fermentasi cukup mudah dan praktis jika sudah mengetahui langkah-langkah yang tepat seperti di atas. Proses fermentasi yang berlangsung dalam kurun waktu satu jam akan memberikan rasa khas pada donat dan membuat kue menjadi lebih lembut ketika dikunyah. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan toping atau taburan gula halus untuk menyempurnakan rasa donat tersebut. Selamat mencoba!