Langkah-langkah Mudah Membuat Dokumen Word Bahasa Arab di Komputer Anda

Langkah-langkah Mudah Membuat Dokumen Word Bahasa Arab di Komputer Anda

Cara Membuat Word Bahasa Arab

Word bahasa Arab adalah sebuah fitur yang sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin menulis atau menerjemahkan dokumen dalam bahasa Arab. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat word bahasa Arab menggunakan Microsoft Office.

1. Mengaktifkan Bahasa Arab

Langkah pertama adalah dengan mengaktifkan bahasa Arab di Microsoft Office. Untuk melakukan hal ini, klik tab “File” pada bagian atas layar, kemudian pilih “Options”. Setelah itu, pilih “Language” dari menu di sebelah kiri dan klik “Add additional editing languages”. Cari bahasa Arab dari daftar dan pilih “Add”. Setelah bahasa Arab ditambahkan ke daftar, klik “Set as default” untuk menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa standar pada Word.

2. Menggunakan Keyboard Bahasa Arab

Kita juga bisa menggunakan keyboard dengan layout bahasa Arab untuk mengetik teks dalam Word. Untuk mengaktifkan keyboard tersebut, klik tombol tanda kurung pada bagian bawah kanan layar dan pilih “Arabic (Saudi Arabia)”. Atau jika tidak ada pilihan tersebut, gunakan shortcut keyboard (Windows + Space) untuk memilih.

3. Mengubah Huruf menjadi Teks Bahasa Arab

Setelah itu kita harus merubah huruf Latin menjadi teks bahasa arab agar tampilan nantinya sesuai dengan ejaan yang benar. Cara melakukannya sangat mudah, cukup ketiklah kata atau kalimat dalam bentuk huruf latin kemudian ubahlah font menjadi font arabic seperti example seperti Arrasheed font.

4. Memformat Teks Bahasa Arab

Jika ingin membuat format tulisan seperti jenis huruf atau warna, cara melakukannya sama seperti yang dilakukan pada tulisan bahasa Indonesia. Pilih teks yang ingin diformat lalu pilih jenis huruf atau warna pada menu di atas layar.

BACA JUGA  Cara Cepat Mendapatkan Penghasilan dari Video Pendek di Youtube

5. Tanda Baca

Pada bahasa arab terdapat beberapa tanda baca yang berbeda dengan bahasa indonesia. Oleh karena itu, perlu diperhatikan penggunaannya agar terhindar dari kesalahan dalam penulisan dokumen Anda.

6. Menyimpan Dokumen

Setelah menyelesaikan dokumen, jangan lupa untuk menyimpannya dengan file format docx atau lainnya agar dapat dibuka di program Word versi lainnya atau juga dapat dibuka dengan program editor kata (wordpad) dan akan tetap tampil dengan format arab seperti awal.

Demikianlah cara membuat word bahasa Arab. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kita bisa membuat dokumen dalam bahasa Arab secara mudah dan efisien menggunakan Microsoft Office. Semoga artikel ini berguna bagi para pembaca yang sedang mempelajari bahasa Arab ataupun bekerja dalam bidang terjemahan dan penulisan dokumen arabic!