Cara Membuat Daftar Isi Makalah Yang Benar

Cara Membuat Daftar Isi Makalah Yang Benar

Pengantar: Menulis makalah adalah salah satu tugas yang biasa diberikan di sekolah atau universitas. Tidak hanya isinya yang harus bagus, tetapi juga formatnya harus sesuai dengan standar. Salah satu hal penting dalam menulis makalah adalah membuat daftar isi yang benar. Berikut ini beberapa cara untuk membuat daftar isi makalah yang benar.

1. Tentukan jenis penomoran

Sebelum membuat daftar isi, pertama-tama tentukan jenis penomoran yang ingin digunakan pada makalah Anda. Apakah menggunakan angka arab atau roman? Baik itu menggunakan huruf besar atau kecil?

2. Tentukan judul dan subjudul

Setelah memilih jenis penomoran, sekarang saatnya menentukan judul dan subjudul pada setiap bagian dari makalah Anda. Pastikan judul dan subjudul tersebut relevan dengan topik bahasan dan mudah dipahami oleh pembaca.

3. Buat struktur makalah

Setelah menentukan judul dan subjudul, buatlah struktur makalah secara keseluruhan agar mudah disusun menjadi daftar isi yang benar. Bagian-bagian apa saja yang akan dibahas dalam makalah tersebut? Tentukan urutan dari setiap bagian tersebut agar mudah dipahami oleh pembaca.

4. Tulis daftar isi

Setelah menentukan struktur makalah, kini saatnya untuk menulis daftar isi sesuai dengan urutan bagian pada struktur tersebut.

5. Perbarui daftar isi

Jangan lupa untuk memperbarui daftar isi saat melakukan perubahan pada konten makalah Anda.

Ringkasan: Membuat Daftar Isi adalah langkah penting dalam menulis makalah. Pastikan Anda menentukan jenis penomoran yang ingin digunakan, menentukan judul dan subjudul, membuat struktur makalah, menulis daftar isi, dan memperbaharui daftar isi agar sesuai dengan konten makalah.