Cara Membuat Donat Viral

Cara Membuat Donat Viral

Cara Membuat Donat Viral

Ikhtisar Topik:

Donat merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia. Makanan ini bisa dikreasikan dengan berbagai macam rasa dan bentuk, termasuk donat viral yang sedang hits belakangan ini. Bagi yang ingin mencoba membuat donat viral sendiri di rumah, artikel ini akan membahas langkah-langkah cara membuatnya.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat Donat Viral:

1. Siapkan Bahan

Untuk membuat donat viral dibutuhkan beberapa bahan yaitu tepung terigu protein tinggi, susu bubuk, gula pasir, ragi instan, telur ayam, mentega dan pewarna makanan.

2. Campurkan Bahan

Campurkan 300 gram tepung terigu protein tinggi, 50 gram susu bubuk dan 50 gram gula pasir dalam sebuah mangkuk besar. Kemudian tambahkan 1 sachet atau 7 gram ragi instan dan aduk hingga merata.

3. Tambahkan Telur dan Mentega

Setelah itu tambahkan 2 butir telur ayam dan 60 gram mentega cair ke dalam adonan tepung tadi. Aduk kembali hingga merata.

4. Aduk Hingga Lembut

Tambahkan 200 ml air sedikit demi sedikit sambil adonan dikuliti hingga menjadi adonan yang lembut dan mulus. Kemudian tutup adonan dengan plastik wrap atau serbet bersih selama kurang lebih 30 menit sampai adonannya mengembang.

5. Beri Warna Sesuai Selera

Setelah itu bagi menjadi beberapa bagian sesuai jumlah warna yang diinginkan dan tambahkan pewarna makanan pada masing-masing bagian. Aduk hingga merata.

6. Bentuk Donat

Ambil satu bagian adonan dan bentuk menjadi bola-bola kecil. Setelah itu beri lubang di tengahnya dengan jari atau alat yang sesuai. Lakukan pada seluruh adonan.

7. Goreng Donat

Panaskan minyak goreng dalam wajan hingga benar-benar panas, kemudian goreng donat viral hingga kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan.

Ringkasan:
Donat viral yang sedang hits saat ini bisa dibuat dengan mudah di rumah menggunakan bahan sederhana seperti tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, ragi instan, telur ayam, mentega dan pewarna makanan. Langkah-langkah membuatnya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan bahan secara merata, menambahkan telur dan mentega cair hingga adonan lembut kemudian didiamkan selama 30 menit agar mengembang. Kemudian bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai warna yang diinginkan lalu bentuk menjadi bola-bola kecil dan digoreng dalam minyak panas hingga kuning kecokelatan. Selamat mencoba membuat donat viral sendiri di rumah ya!