Cara Membuat Donat Panggang

Cara Membuat Donat Panggang

Cara Membuat Donat Panggang

Ikhtisar Topik:

Donat panggang adalah salah satu jenis camilan yang sedang populer saat ini. Tidak hanya enak, tapi donat panggang juga lebih sehat di bandingkan dengan donat goreng. Membuat donat panggang tidak sesulit yang dibayangkan, dengan beberapa bahan dan peralatan yang tepat, siapa saja bisa membuatnya sendiri di rumah.

Berikut adalah daftar bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat donat panggang:
– Terigu protein tinggi sebanyak 500 gram
– Gula pasir sebanyak 100 gram
– Garam sebanyak setengah sendok teh
– Telur ayam sebanyak 2 butir
– Air hangat sebanyak 200 ml
– Raghi secukupnya atau menggunakan ragi instant setengah sachet
– Mentega tawar putih sebanyak 50 gram

Peralatan:
– Mixer atau wadah besar untuk mengaduk adonan secara manual
– Loyang khusus donat atau bisa juga menggunakan loyang bundar biasa dengan ukuran yang sama agar bentuknya nantinya simetris.
-Panci atau teflon kecil untuk mencairkan mentega tawar putih.

Pertama-tama, campurkan terigu, gula pasir dan garam dalam wadah besar. Aduk rata.
Tambahkan ragi instan atau ragi biasa yang sudah dicampur dengan sedikit air hangat. Kemudian tambahkan telur ayam beserta air hangat sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.

Kemudian masukan mentega cair kedalam adonan sambil diuleni hingga kalis atau tidak lengket di tangan. Tutup adonan dengan plastik wrap dan diamkan selama 30 menit dalam suhu ruangan.

Setelah 30 menit, ambil adonan dan bentuk sesuai selera pada loyang donat. Kemudian panggang di dalam oven preheated sekitar 160 derajat celcius selama 20-25 menit hingga matang.

Dalam membuat donat panggang diperlukan beberapa bahan dan peralatan yang harus dipersiapkan dengan baik. Campuran terigu, gula pasir dan garam harus dicampur rata lalu ditambah ragi instan atau ragi biasa yang sudah dicampur dengan air hangat sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Kemudian masukan mentega cair kedalam adonan sambil diuleni hingga kalis atau tidak lengket di tangan.

BACA JUGA  Cara Membuat Donat White Ring Tinggi

Setelah proses pengadukan selesai diamkan adonan selama 30 menit dalam suhu ruangan kemudian ambil adonan dan bentuk sesuai selera pada loyang donat. Panggang dalam oven preheated sekitar 160 derajat celcius selama 20-25 menit sampai matang. Dengan begitu, donat panggang siap disantap bersama keluarga ataupun teman-teman sebagai camilan yang enak dan sehat.