Cara Membuat Donat Cookpad

Cara Membuat Donat Cookpad

Ikhtisar Topik:

Donat merupakan salah satu kue yang sering dijadikan camilan oleh banyak orang. Selain enak, kue ini juga mudah ditemukan dan memiliki berbagai rasa yang beragam. Namun, untuk membeli donat setiap kali ingin menikmatinya bisa cukup mahal. Oleh karena itu, banyak orang yang mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Salah satu resep donat yang cukup populer adalah Donat Cookpad.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat Donat Cookpad:

1. Bahan-bahan

– Tepung terigu protein tinggi sebanyak 250 gram
– Gula pasir sebanyak 50 gram
– Garam sebanyak 1/2 sendok teh
– Ragi instan sebanyak 1/2 sendok teh
– Telur ayam sebanyak 1 butir
– Susu cair atau air matang hangat sebanyak 120 ml
– Margarin atau mentega tawar (cairkan terlebih dahulu) sebanyak 50 gram

2. Campurkan semua bahan dan aduk hingga merata

3. Uleni adonan selama kurang lebih 10 menit atau hingga adonan tidak lengket pada tangan

4. Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit hingga mengembang dua kali lipat ukurannya

5. Setelah mengembang, gilas adonan dengan ketebalan kurang lebih setengah cm

6. Guntinglah adonan ya sesuai dengan bentuk donat yang diinginkan menggunakan cutter round shape agar hasil potongan tepat dan rapi

7. Biarkan adonan mengembang lagi selama 30 menit

8. Setelah mengembang, goreng donat hingga kecokelatan

9. Angkat dan tiriskan

10. Donat Cookpad siap disajikan.

Dari resep di atas, dapat dilihat bahwa membuat Donat Cookpad cukup mudah dan sederhana. Hal yang perlu diperhatikan adalah proses pengulenan adonan hingga tidak lengket pada tangan, serta memberikan waktu yang cukup lama untuk fermentasi adonan sebelum digiling dan digoreng.

BACA JUGA  Cara Membuat Donat Sukun

Namun, jika ingin mencoba variasi rasa dari Donat Cookpad tersebut, dapat dilakukan dengan menambahkan berbagai bahan seperti selai kacang atau cokelat pada bagian dalam donat setelah selesai digoreng. Selain itu, bisa juga menambahkan topping seperti kacang atau gula hingga didapat sensasi rasa yang lebih tinggi saat menyantapnya.

Dengan demikian, membuat Donat Cookpad sendiri di rumah bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang suka mencoba resep baru atau ingin menghemat pengeluaran untuk membeli donat di luar rumah. Selamat mencoba!

Rangkuman:
Donat Cookpad merupakan salah satu resep donat populer yang cukup mudah dan sederhana dibuat di rumah. Proses pembuatan meliputi pencampuran bahan-bahan utama seperti tepung terigu protein tinggi, gula pasir, garam, ragi instan, telur ayam serta susu cair atau air matang hangat. Setelah itu, adonan diuleni dan dibiarkan mengembang selama 30 menit. Selanjutnya, adonan digiling dengan ketebalan setengah cm, dipotong menggunakan cutter round shape dan digoreng hingga kecokelatan. Topping seperti selai kacang atau cokelat serta tambahan seperti kacang atau gula dapat ditambahkan untuk variasi rasa.