Cara Membuat Donat Brainly

Cara Membuat Donat Brainly

Ikhtisar topik: Donat adalah makanan yang sangat digemari oleh banyak orang di seluruh dunia. Brainly sebagai platform pembelajaran online, ingin memberikan informasi tentang cara membuat donat. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah mudah dalam membuat donat lezat dan empuk.

Langkah-langkah:

1. Persiapkan Bahan

Untuk membuat donat, Anda akan membutuhkan tepung terigu, ragi instan, telur, gula pasir, susu cair atau air hangat, mentega atau margarin dan garam.

2. Campurkan Bahan

Campurkan tepung terigu dengan ragi instan dan gula pasir dalam mangkuk besar. Tambahkan susu atau air hangat sedikit demi sedikit sembari diaduk hingga adonan tercampur sempurna. Setelah itu tambahkan telur satu per satu sambil terus diaduk hingga adonan kalis, elastis dan tidak lengket.

3. Diamkan Adonan

Setelah adonan kalis selesai dibuat maka diamkan adonan tersebut selama kurang lebih 30 menit hingga mengembang.

4. Bentuk Adonan

Setelah proses pengembangan selesai maka bentuklah adonan menjadi bulatan-bulatan kecil dengan menggunakan alat pemotong donat yang berbentuk seperti banjo/bundar.

5. Goreng Donat

Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang hingga benar-benar panas. Kemudian masukkan donat ke dalam wajan dan goreng hingga kuning kecoklatan.

6.Tata Sajian

Setelah donat selesai digoreng, tiriskan dan hias donat sesuai selera dengan taburan gula halus atau topping lainnya.

Rangkuman: Membuat donat tidaklah sulit, hanya membutuhkan persiapan yang matang dan beberapa langkah mudah untuk menghasilkan donat yang lezat. Campurkan bahan secara merata, diamkan adonan selama 30 menit, bentuk adonan menjadi bulatan kecil, goreng donat hingga kuning kecoklatan dan tata sajian sesuai selera. Yuk, coba buat sendiri di rumah!