Lebih Mudah dan Efisien: Pelajari Cara Ketik Otomatis di Google Docs

Lebih Mudah dan Efisien: Pelajari Cara Ketik Otomatis di Google Docs

Cara Ketik Otomatis Di Google Docs

Google Docs adalah salah satu aplikasi pengolah kata online yang paling populer saat ini. Banyak orang menggunakan aplikasi ini untuk membuat dokumen, laporan, dan materi presentasi. Salah satu fitur yang sangat membantu dalam Google Docs adalah kemampuan untuk mengaktifkan ketik otomatis.

Mengaktifkan ketik otomatis di Google Docs sangat mudah dan berguna terutama bagi orang-orang yang memiliki pekerjaan yang sedikit repot. Dalam artikel ini, kami akan memberikan cara mengaktifkan ketik otomatis di Google Docs.

1. Pertama-tama, buka dokumen di Google Docs yang ingin Anda tulis dengan menggunakan fitur ketik otomatis.
2. Setelah itu, klik pada bagian “Tools” di menu bar atas.
3. Pilih kemudian opsi “Preferences”, maka akan muncul jendela baru.
4. Di jendela baru tersebut, cari opsi ototext “Substitutions” dan klik pada tombol “Customize”.
5. Setelah itu akan muncul jendela baru lagi, pada jendela baru tersebut Anda dapat menyesuaikan pengaturan ototext sesuai dengan kebutuhan Anda.
6. Misalnya pada kolom “Replace” isi dengan kata atau kalimat singkat apa pun yang ingin Anda gunakan sebagai panggilan untuk kata atau kalimat panjang
7. Kemudian pada kolom “With” isikan dengan kata atau kalimat panjang yang ingin ditulis secara otomatis oleh Google docs setiap kali panggilan dibuat.

Anda dapat mengatur beberapa kombinasi panggilan dan penggantian kata dengan mudah melalui opsi “Add”. Selain itu, Anda juga dapat menghapus pengaturan ototext dengan mengklik opsi “Remove” pada setiap pengaturan yang ingin dihapus.

Fitur ototext akan sangat membantu dalam menghemat waktu dan mempercepat ketik dokumen. Misalnya, jika Anda sering menulis kata atau kalimat tertentu seperti nama perusahaan atau produk yang sama, maka Anda dapat menyesuaikan pengaturan ototekst sehingga kata atau kalimat panjang tersebut ditulis secara otomatis setiap kali membuat panggilan.

BACA JUGA  Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 2010

Dengan mengaktifkan fitur ketik otomatis di Google Docs, Anda dapat melakukan tugas-tugas pengetikan lebih cepat dan efisien. Selain itu, hal ini juga akan membantu meningkatkan produktivitas kerja Anda serta meminimalisir kesalahan pengetikan pada dokumen penting yang telah dibuat.

Tentu saja dengan adanya fitur ini bukan berarti bisa sembarangan menggunakan tingkat bahasa asing pada karya tulisannya karena masih ada kemungkinan terjadi kesalahan akibat mekanisme autocorrect yang terdapat pada aplikasi text editor tersebut. Namun dari segi efisiensi waktu dan energi dalam hal pengetikan, Google Docs memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam menggunakan fitur ketik otomatis. Jadi ayo bersiap untuk menjadi lebih produktif dengan menggunakan cara ini!