Cara Mudah Membuat Donat Lezat di Rumah dengan Bahan yang Tersedia

Cara Mudah Membuat Donat Lezat di Rumah dengan Bahan yang Tersedia

Donat adalah salah satu camilan yang sangat populer di seluruh dunia. Camilan yang terbuat dari adonan tepung terigu dan gula ini memiliki bentuk yang bulat dengan lubang di tengahnya. Donat bisa dikreasikan dengan berbagai topping dan rasa, sehingga membuatnya semakin populer.

Untuk membuat donat sendiri di rumah, kita memerlukan beberapa bahan utama dan beberapa perlengkapan dapur. Berikut adalah bahan dan cara membuat donat yang mudah untuk dicoba di rumah.

Bahan-bahan:

– 500 gram tepung terigu
– 100 gram gula pasir
– 2 butir telur
– 125 ml susu cair hangat
– 11 gram ragi instan
– 50 gram mentega lelehkan
– Garam secukupnya

Cara Membuat:

1. Pertama-tama, larutkan ragi instan ke dalam susu hangat, kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit hingga berbusa.

2. Campurkan tepung terigu, gula pasir, dan garam kedalam wadah besar atau mangkuk besar.

3. Tambahkan campuran ragi tadi ke dalam campuran tepung sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan-lahan sampai adonannya menjadi kalis (tidak lengket). Kemudian masukkan mentega leleh ke dalam adonan tersebut, uleni hingga adonannya halus elastis dan tidak lengket pada alatan/alas pengulenan.

4. Diamkan adonan selama kurang lebih satu jam atau hingga adonannya mengembang dua kali lipat ukuran aslinya.

5. Setelah adonan mengembang, ambil lah adonan, pipihkan dengan rolling pin hingga ketebalan sekitar 1 cm. Kemudian gunakan cetakan donat dan tusuk pusatnya dengan jari agar bentuk bulat dengan lubang di tengahnya terbentuk sempurna.

6. Diamkan donat dalam loyang atau wadah yang sudah diberi alas tepung selama kurang lebih 20 menit hingga kembali mengembang.

7. Panaskan minyak goreng dalam jumlah yang cukup dalam wajan, goreng donat pada minyak yang sudah panas hingga berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan donat pada tisu kertas untuk menyerap sisa minyak. Donat pun siap disajikan!

BACA JUGA  Cara Membuat Warna Coklat

Itulah bahan dan cara membuat donat yang bisa dicoba di rumah. Selain rasanya yang enak, membuat donat sendiri juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga atau teman-teman di rumah. Jangan lupa untuk bereksperimen dengan berbagai topping dan rasa untuk membuatnya semakin spesial!