Langkah Mudah Membuat Spreadsheet Baru di Google Form

Langkah Mudah Membuat Spreadsheet Baru di Google Form

Google Form adalah salah satu aplikasi dari Google yang berguna untuk membuat survei, kuis, dan formulir lainnya. Dalam penggunaannya, seringkali kita membutuhkan spreadsheet untuk menyimpan data dari formulir yang telah diisi. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas cara membuat spreadsheet baru di Google Form.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka Google Form yang ingin kita buat spreadsheet baru-nya. Setelah itu, klik pada menu “Respon” di bagian atas halaman dan pilih “Spreadsheet” dari opsi yang tersedia.

Setelah itu, Anda akan langsung dibawa ke lembar kerja dari spreadsheet tersebut. Tetapi jika Anda belum memiliki spreadsheet sebelumnya atau ingin membuat spreadsheet baru dengan cara lain, Anda juga dapat melakukannya.

Untuk membuat spreadsheet baru manual, cukup buka Google Drive dan klik tombol “Buat” di pojok kiri atas layar. Pilih opsi “Spreadsheet” dari menu drop-down yang tersedia.

Kemudian Anda dapat mengubah nama file sesuai keinginan dan melakukan pengaturan dasar seperti menambahkan header atau kolom tabel.

Setelah itu, kembali ke Google Form tersebut dan ikuti langkah-langkah sebelumnya dengan memilih “Spreadsheet” pada menu “Respon”. Klik tombol “Pilih Spreadsheet” untuk memasukkan salah satu spreadsheet yang sudah ada atau masukkan URL dari spreadsheet yang telah dibuat sebelumnya.

Jika Anda sudah memilih atau memasukkan URL seperti pada langkah terakhir tersebut, maka otomatis formulir akan terhubung dengan sheet pada spreadsheet tersebut. Dari sini, setiap kali ada respon baru pada formulir tersebut, data akan secara otomatis masuk ke dalam sheet tersebut.

Itulah beberapa langkah untuk membuat spreadsheet baru pada Google Form. Dengan memiliki spreadsheet baru ini, Anda dapat lebih mudah mengelola data dan membuat laporan berdasarkan hasil formulir yang telah diisi. Jadi, mulailah berkreasi dengan formulir dan spreadsheet baru Anda sekarang!

BACA JUGA  Inovatif! Resep Membuat Donat Tanpa Ragi yang Mudah dan Lezat