Mempermudah Pengaturan Dokumen dengan Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Mempermudah Pengaturan Dokumen dengan Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Jika sering membuat dokumen panjang, tentu kita tidak ingin menyusun daftar isi secara manual. Ada cara praktis untuk membuat daftar isi otomatis pada Microsoft Word. Yuk simak langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah 1: Menandai Judul

Pastikan judul pada dokumen Anda telah berurutan dan jelas. Pilih judul pertama, kemudian pilih Home > Styles atau tekan tombol keyboard Ctrl + Alt + Shift + S.

Pilih Heading 1 untuk judul utama, dan Heading 2 untuk subjudul. Terdapat beberapa level heading (Heading 3-6) jika diperlukan.

Langkah 2: Membuat Daftar Isi

Temukan tempat di mana daftar isi akan ditempatkan pada dokumen. Pilih Referenses > Table of Contents atau klik kanan mouse > Table of Contents.

Pilih salah satu jenis style daftar isi yang disediakan (Contemporary, Formal, Classic), atau klik Custom Table of Contents untuk mengatur pengaturan sendiri.

Langkah 3: Menyesuaikan Daftar Isi

Jika ingin menampilkan heading yang lebih dalam dari level default, klik Options pada dialog box Table of Contents.

Dalam menu Show Levels atur setingan hingga level heading yang diinginkan terpampang pada daftar isi Anda.

Klik OK lalu pilih OK lagi pada dialog box sebelumnya.

Langkah 4: Menambahkan Judul Baru

Jika ada penambahan atau perubahan judul dalam dokumen anda, jangan khawatir karena Microsoft Word dapat secara otomatis menambahkan judul baru pada daftar isi Anda. Pada toolbar atas Microsoft Word, pilih References > Update Table atau Update Entire Table.

Setelah itu, Anda akan diberikan 2 pilihan apakan ingin memperbarui nomor halaman saja atau memperbaharui seluruh isi daftar. Pilih Update entire table untuk memperbaharui seluruh isi daftar.

Dengan begitu, buatlah dokumen panjang dan tidak perlu lagi repot menyusun daftar isi secara manual. Cukup ikuti langkah-langkah di atas dan Anda sudah bisa membuat daftar isi otomatis dengan mudah. Selamat mencoba!

BACA JUGA  Siapkan Dapur Anda: Daftar Alat dan Bahan Utama untuk Membuat Donat yang Lezat