Cara Membuat Donat Singkong

Cara Membuat Donat Singkong

Cara Membuat Donat Singkong

Ikhtisar:
Donat singkong atau biasa disebut juga dengan “donat ubi kayu” merupakan salah satu olahan makanan yang sangat populer di Indonesia. Selain rasanya yang enak, donat singkong juga memiliki manfaat kesehatan karena mengandung serat dan nutrisi penting yang baik untuk tubuh. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat donat singkong yang mudah dan praktis.

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat donat singkong:

1. Siapkan bahan-bahan

250 gr tepung terigu, 200 gr tepung singkong, 1 sachet ragi instan, 2 sdm gula pasir, 1/4 sdt garam, 75 ml air hangat, 100 ml santan kental.

2. Campurkan semua bahan kering (tepung terigu, tepung singkong, ragi instan, gula pasir dan garam) dalam wadah besar lalu aduk rata

3. Tambahkan air hangat dan santan sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung sambil diuleni hingga adonan elastis dan tidak lengket di tangan (tambahkan air atau tepung jika diperlukan)

4. Diamkan adonan selama minimal satu jam hingga mengembang dua kali lipat

5. Giling adonan dengan rolling pin hingga setebal kurang lebih 1 cm

6. Gunakan cetakan donat untuk membentuk adonan menjadi bentuk bulatan tengah kosong

7. Biarkan adonan kembali mengembang selama kurang lebih 30 menit

8. Goreng donat dalam minyak panas hingga kecoklatan

9. Tiriskan dan sajikan

Kesimpulan:
Donat singkong merupakan salah satu makanan yang kaya akan serat dan nutrisi penting yang baik untuk tubuh. Dalam pembuatannya, diperlukan beberapa bahan dasar seperti tepung terigu, tepung singkong, ragi instan, gula pasir, garam, air hangat dan santan kental. Langkah-langkah pembuatan donat singkong sangat mudah dan praktis. Ada 9 tahap yang harus dilakukan mulai dari persiapan bahan-bahan hingga penggorengannya. Semoga dengan artikel ini dapat membantu Anda untuk membuat donat singkong sendiri di rumah dengan mudah dan praktis.