Cara Membuat Donat Empuk Dan Renyah Tahan Lama

Cara Membuat Donat Empuk Dan Renyah Tahan Lama

Ikhtisar Topik:

Donat adalah salah satu jenis kue yang paling disukai oleh banyak orang. Kue ini bisa dinikmati dalam berbagai kesempatan, baik saat bersantai di rumah, maupun saat menghadiri acara formal. Namun, membuat donat yang empuk dan renyah seringkali menjadi tantangan bagi banyak orang. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dibahas tentang cara membuat donat empuk dan renyah tahan lama.

Cara Membuat Donat Empuk Dan Renyah Tahan Lama:

1. Siapkan Bahan-Bahan

Sebelum mulai membuat donat, pastikan Anda sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Beberapa bahan utama yang biasanya dibutuhkan untuk membuat donat adalah tepung terigu protein tinggi, ragi instan, gula pasir, telur, susu cair, mentega atau margarin.

2. Campur Bahan Secara Merata

Setelah memiliki semua bahan yang diperlukan, Anda bisa mulai untuk mengaduknya hingga merata dengan menggunakan mixer atau pengaduk tangan.

3. Diamkan Sejenak

Setelah adonan tercampur merata dengan baik, diamkan selama kurang lebih 30 menit hingga adonan mengembang dan memiliki tekstur lembut serta elastis.

4. Bentuk Adonan Donat

Setelah adonan siap digunakan, bagi adonan menjadi beberapa bagian sesuai dengan ukuran donat yang diinginkan. Kemudian bentuk adonan menjadi lingkaran atau sesuai dengan bentuk donat yang diinginkan.

5. Fermentasi Adonan Donat

Setelah adonan dibentuk menjadi donat, letakkan di atas loyang yang diolesi dengan minyak goreng. Selanjutnya diamkan lagi selama kurang lebih 30 menit hingga adonan mengembang kembali.

6. Goreng Donat

Setelah proses fermentasi selesai, goreng donat dalam minyak panas hingga kedua sisinya berwarna keemasan.

7. Sajikan Donat Empuk Dan Renyah

Setelah donat matang, sajikan dalam wadah yang sudah disiapkan. Rahasia agar donat tetap empuk dan renyah adalah dengan menjaga suhu udara saat penyimpanan dan menambahkan antioksidan tertentu seperti asam askorbat atau propionat ke dalam campuran tepung terigu.

Ringkasan Isi:

BACA JUGA  Cara Praktis Membuat Dokumen di Microsoft Word untuk Pemula

Membuat donat empuk dan renyah tahan lama tidaklah sulit jika Anda memperhatikan beberapa hal penting seperti bahan-bahan yang digunakan, cara mengaduk adonan secaramerata, serta penggunaan antioksidan pada campuran tepung terigu. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat membuat donat empuk dan renyah yang bisa bertahan lebih lama saat disimpan dalam wadah tertutup rapat. Selamat mencoba!